Rabu, 02 September 2015

Tentang TRENGGALEK


  Cirri khas trenggalek

Apakah  Anda sudah pernah Ke Trenggalek?Apakah Sobat sudah kenal Trenggalek?Pertanyaan Ini memang saya ajukan memang Untuk Anda.Kalau sudah Tahu Trenggalekmungkin anda sudah mempunyai kesan tersendiri bagaimana Trenggalek itu.Disini saya akan menjabarkan Keunikan yang di punyai Trenggalek.
Trenggalek Tidak terkenal.
Mungkin Kalau di tanya Trenggalek masih banyak yang awam dan mungkin banyak yang tidak Tahu.Tapi kalau Ditanya Pantai Prigi malah banyak yang Tahu.Ya itulah Trenggalek.
Kota yang di kelilingi Pegunungan.
Inilah keunikan Trenggalek yang sangat saya sukai.Yaitu kotanya di kelilingi oleh gunung yang saling terhubung.Jadi Kota trenggalek posisinya ada di tengah-tengah.Memang Kab.Trenggalek sebagian Wilayangnya adalah pegunungan.
Makanan Khas Alen-alen.
Aleh alen adalah makan ringan yang terbuat dari Singkong yang di olah seperti cincin warnanya kuning terus di goreng.Ya itulah mengenai alen-alen.Karna alen-alen itu sendiri adalah ahsil karya yang di hasilkan di trenggalek.Mungkin masih banyak makhanan khas lain tapi hanya alen-alen yang sangat mempunyai ke  unikan tersendiri.
Tempat lahirnya Supriyadi.
Apakah anda sudah tahu Supriyadi?Supriya adalah pahlawan Nasional pada era sukarno.Supriyadi menjadi Kontroversianal pada masa penjajahan karna iya sangat di takuti oleh Belanda.dan sampai sekarang ini Supriyadi Tidak jelas dimana.Makamnyapun sekarang tidak di ketahui dimana.
Makanan Tiwul.
Anda pernah makan namanya Tiwul?Trenggalek pernah menyabet Gelar karna makan Tiwulnya paling enak di indonesia.
Mempunyai Jalan Xtrem No 2 di jawa timur.
Munjungan adalah kecamatan yang ada di selatan trenggalek.kalau kec.munjungan itu sendiri adalah rata.Tapi yang mempunyai keunikan ialah jalan menuju kesana sangatlahXtrem.Kalau anda pernah kemunjungan anda akan bisa mendiskripsikan sendiri bagaimana jalan akan akan kesana.
Bahasa Trenggalek.
Trenggalek mempunyai bahasa ciri khas yang tidak di punyai Daerah lain.Yang paling umum adalah kata Nyatuke dan masih banyak bahasa lainnya…
Menak Sopal. 
Siapakah menak sopal itu.Menak sopal adalah pendiri kota trenggalek pertama kali.Danuntuk mengenang jasa-jasanya kata “menak sopal” dijadikan stadion di trenggalek
Itulah sepenggal ke unikan Tentang Trenggalek.Mungkin masik banyak lagi kata yang lain yang bisa sobat sebukan dipapan komentar.Semoga kata-kata di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Pariwisata di Kabupaten Trenggalek

Trenggalek mempunyai banyak tempat peristirahatan dan tempat wisata yang mempunyai keindahan yang masih asli belum terubah oleh keadaan zaman, misalnya goa, pantai, dan pegunungan yang asri.

  1. Gua Lawa. Merupakan salah satu gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara.
  2. Pantai Prigi. Pusat pariwisata dan perekonomian warga Kecamatan Watulimo. Terdapat tempat pelelangan ikan dan merupakan Pelabuhan Nusantara.
  3. Pantai Pasir Putih. Kurang lebih 2 km dari Pantai Prigi. Terkenal karena pasirnya yang putih bersih.
  4. Pantai Pelang. Pantai yang terletak di Kecamatan Panggul ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Memiliki air terjun dan pulau kecil-kecil yang indah.
  5. Larung Sembonyo. Upacara adat pesisir yang selalu menarik perhatian wisatawan asing maupun domestik. Diadakan setahun sekali di Pantai Prigi.
  6. Pantai Blado. Terletak di Kecamatan Munjungan, merupakan tempat wisata alami yang berada di arah Selatan dari Kota Trenggalek, Yang terkenal dengan pusatnya tanaman Cengkih dan Durian.
  7. Pantai Ngampiran. Lokasi berada di Munjungan dan terkenal dengan air jernih dan pasirnya yang putih bersih.
  8. Upacara Dam Bagong. Diadakan setiap tahun sekali dengan mempersembahkan kepala kerbau untuk di larung di Kali Bagong.
  9. Candi Brongkah. Merupakan candi yang berisi sejarah asal usul Trenggalek.
  10. Alun-alun Kota. Sarana rekreasi keluarga yang selalu ramai dikunjungi warga Trenggalek, terutama pada malam minggu, serta pada hari hari menjelang proklamasi kemerdekaan RI dimana di alun alun kota trenggalek diadakan bazaar dan taman hiburan rakyat yang dapat menghibur anak anak maupun orang dewasa
  11. Tari Turangga Yaksa. Merupakan tarian khas Kabupaten Trenggalek.
  12. Hutan Kota. Tempat wisata alternatif di Gunung Jaas, Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek.
  13. Trenggalek Green Park. Taman bermain dan wisata keluarga di Jalan Brigjend Soetran.

                                                     MAKANAN KHAS TRENGGALEK
Nasi gegog_Jika anda pecinta kuliner, terutama kuliner bercita rasa pedas, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Trenggalek yang satu ini yaitu “sego gegog” atau “nasi gegog”. Nasi gegog mungkin belum berumur ratusan tahun hingga melegenda, namun makanan tradisional yang berbungkus daun pisang ini memiliki kekhasan tersendiri hingga sangat populer bagi masyarakat Trenggalek. Keistimewaan dari nasi ini adalah sebelum di kukus nasi ini di taburi dengan sambal teri di bagian atasnya sehingga rasa dan aromanya sangat nikmat. Sensasi pedas nasi ini bisa membuat Anda benar-benar ketagihan.
nasi gegog, sego gegog, kuliner trenggalek, makanan khas trenggalek
Nasi Gegog-Kuliner Khas Trenggalek
 Nasi gegok sekilas seperti Nampak seperti nasi bungkus yang terbuat dari nasi, ikan teri dan parutan kelapa dengan bumbu yang ekstra pedas yang dibungkus daun pisang. Masakan ini dinamakan nasi gegog, karena usai menyantap nasi gegog ini, perut terasa kenyang dan tubuh terasa panas karena dalam nasi tersebut terdapat campuran cabe dengan jumlah banyak, sehingga badan bisa megak-megok, atau bergoyang-goyang.
Baca artikel: Cara Membuat Nasi Gegog

Mungkin Anda dapat dengan mudah menemukan nasi padang atau nasi gudeg di Surabaya atau Jakarta, namun dapat dipastikan Anda tidak akan pernah menemui nasi gegog di daerah lain. Bahkan dahulu nasi gegog hanya bisa ditemui di desa Sumurup kecamatan Bendungan, sebuah daerah pegunungan sebelah utara kota Trenggalek. Saat ini Anda bisa menyantap kuliner murah meriah ini di beberapa warung di kabupaten Trenggalek. 

Jika Anda berkunjung ke Trenggalek untuk tujuan berwisata, jangan lewatkan sensasi “ pedas merindu” khas nasi gegog. Meskipun dapat ditemui di beberapa warung, tak ada salahnya Anda mengunjungi warung nasi gegog di Bendungan, namanya “Warung Sego Gegog Bu Gasun” Untuk menemukannya tidak susah karena terletak di pinggir jalan raya, jaraknya hanya 6 kilometer dari alon-alon kota Trenggalek atau kurang lebih 20 menit waktu tempuh. Pemandangan perjalanan menuju ke warung legendaris nasi gegog tersebut cukup mengasyikkan, jalan pegunungan menanjak dengan udara segar yang masih sangat alami khas pedesaan.

Nasi gegok ini biasanya disantap saat masih hangat dengan lauk tahu tempe goreng dilengkapi dengan segelas susu panas, kopi, teh atau wedang jahe. Sudah terbayang nikmatnya bukan? Apalagi ditunjang dengan lokasi warung yang berada di daerah pegunungan yang dingin dan segar.

sumber: wikipedia wahyu sefitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar